Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta Mengejutkan Mengenai 3D Printing

Teknologi 3D Printing adalah sebuah teknologi yang cukup hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Mengapa demikian? Hal ini karena teknologi tersebut bisa mencetak benda yang kita inginkan dalam bentuk 3 Dimensi. Bagi anda yang masih belum paham dengan teknologi yang satu ini, anda bisa kembali membaca postingan Cadel sebelumnya tentang "Teknologi 3D Printing Memberikan Perubahan Besar Bagi Dunia (?)"

Pada kesempatan kali ini, akan diulas secara singkat mengenai fakta-fakta tentang 3D printing yang telah Cadel dapatkan dari beberapa website. Langsung saja.! Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan tentang teknologi 3D Printing :
  



  1. Beberapa perusahaan Hollywood memanfaatkan teknologi 3D Printing dalam mencetak berbagai properti mereka. Salah satunya adalah kostum yang digunakan oleh Iron Man dan juga mobil James Bond dalam film Sky Fall.
    Kostum Iron Man
    sumber gambar : dailycaller.com
  2. Menjadi teknologi yang mulai banyak diandalkan dalam bidang medis. 3D print berperan dalam mencetak beragam tulang buatan yang sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan. Contohnya adalah seorang biomedik di Belgia yang menanamkan tulang rahang cetakan 3D printer pada wanita 83 tahun. What next ?
    sumber :  
    http://blog.odysen.com/2013/11/13/10-interesting-facts-about-3d-printing/
  3. 3D printing bisa mencetak tiruan tumor sebelum operasi sehingga membantu ahli bedah dalam menangani penyakit tersebut. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia kesehatan.
    Penanganan Tumor
    Sumber gambar : conversation.nokia.com

  4. Vendor Gadget pertama yang mengandalkan teknologi 3D printing adalah Nokia. Adapun tipe nokia yang dicetak oleh teknologi ini adalah Nokia Lumia 820 Shell. Dalam waktu yang tak lama, mungkin beberapa vendor gadget lain juga akan melakukan hal yang sama
     
    Nokia Lumia Shell
    sumber : conversation.nokia.com
    Sumber :  http://conversations.nokia.com/2013/01/22/10-fascinating-facts-about-3d-printing/
  5. Harga yang dibandrol pada peluncuran pertama mesin 3D Printing mencapai £60,000 (Sekitar 800 juta rupiah). Namun sekarang harga yang dibandrol hanya 18 juta rupiah saja.
  6. Mesin 3D printer bisa mencetak berbagai alat seperti pakaian, gitar, mainan, rumah, dan masih banyak lagi.
    Sumber : http://www.techrepublic.com/article/10-facts-on-3d-printing-understanding-techs-next-big-game-changer/
     
     
  7. Profesor Behrokh dari California mendirikan sebuah rumah di atas tanah seluas 2.320 m2 dalam waktu 20 jam. Hal ini tentunya akan sangat membantu warga yang kehilangan rumahnya akibat bencana alam. 
  8. 3D printing akan menyebabkan banyak sekali gangguan di ranah industri. Para guru bisa mencetak sendiri beragam peralatan untuk sekolah. Seniman akan memiliki media baru untuk bekerja. Pelayanan kesehatan bisa menyediakan beragam kebutuhan mereka sendiri. Bahkan seorang ibu dapat menggantikan mainan anaknya yang rusak tanpa harus pergi ke toko mainan.
    Sumber :
    http://www.techrepublic.com/article/10-facts-on-3d-printing-understanding-techs-next-big-game-changer/


    Demikianlah beberapa informasi yang bisa anda dapatkan mengenai Fakta-fakta 3D Printing. Dengan berkembangnya zaman, maka tak bisa dipungkiri bahwa teknologi yang satu ini cepat atau lambat akan hadir di sekitar kita. Tinggal bagaimana kita bisa menggunakan teknologi canggih 3D Printing dengan bijak.
    Jangan lupa tinggalkan Jejak di komentar ya (^_^) 

Posting Komentar untuk "8 Fakta Mengejutkan Mengenai 3D Printing"