Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Punakawan

Masyarakat Indonesia, khususnya Jawa tidak bisa lepas dengan seni pertunjukan wayang. Wayang yang sudah diresmikan oleh UNESCO pada tahun 2003 sebagai salah satu budaya resmi Indonesia, semakin memperkuat taring wayang di Indonesia. Pertunjukan wayang dianggap sebagai suatu simbol terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Dalam pertunjukan wayang, termuat pesan ajaran nilai-nilai moral yang bersumber dari kearifan lokalnya. Pertunjukan wayang merupakan suatu hiburan tontonan sekaligus tuntunan.


Pergelaran wayang tentu saja memiliki suatu makna filosofis yang tinggi. Wayang adalah karya seni yang penuh dengan cita, rasa, dan makna. Suatu karya dengan etika dan pesan moral ketika dimainkannya. Oleh karena itu, pemahaman yang cermat terhadap wayang akan membuat masyarakat sebagai penonton bisa merenungkan hakikat, asal dan tujuan hidup, juga kedudukan manusia dalam alam semesta ini.


Banyak sekali tokoh-tokoh yang terdapat dalam wayang, salah satunya adalah tokoh Punakawan. Punakawan, yang merupakan tokoh asli buatan pujangga nusantara, mempunyai daya tarik tersendiri di hati masyarakat. Banyak nilai-nilai yang terkandung dalam penokohan Punakawan sendiri, misalnya nilai-nilai kebijaksanaan, nilai kepemimpinan, dan lain sebagainya.


Tokoh pewayangan punakawan terdiri dari empat tokoh yang paling dikenal di masyarakat, yakni Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong. Para tokoh Punakawan merupakan tokoh yang biasanya paling di tunggu-tunggu kemunculannya oleh masyarakat, karena tokoh-tokoh ini selalu membawa kelucuan, juga sebagai tokoh pembawa simbol kebahagiaan, kebijaksanaan, dan keselamatan dalam pewayangan.

Dalam terminologi Jawa, 'Pana' atau 'Puna' mempunyai makna jelas, terang, cermat, cerdik dalam mengamati makna dalam kehidupan manusia. Sedangkan 'kawan' mempunyai arti teman. Dari kedua pengertian tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa Punakawan adalah seorang teman yang cerdirk dan bisa menangkap semua makna kejadian dalam hidup. Selain itu, Punakawan juga bisa diartikan sebagai pembimbing atau pengasuh yang mempunyai kecerdasan dalam ilmu pengetahuan. Semua ucapannya bisa dipercaya. Perkataan dan tindakannya sama, tidak bertentangan.

dokumen pribadi
Dari pengertian diatas, terlihat bahwa tokoh punakawan memang mempunyai andil yang cukup bagus dalam perkara-perkara yang menuju pada kebaikan. Tokoh punakawan merupakan cerminan tokoh-tokoh yang bisa menuntun manusia untuk mengikuti jalan yang benar, yakni jalan lurus menuju kepada sang Pencipta. Punakawan juga menggambarkan watak kebanyakan orang di dunia ini. Karakter dari para tokoh punakawan pun bermacam-macam, seperti sebagai penasihat, penghibur, pengkritisi sosial bahkan merupakan sumber kebenaran, kebijakan, dan kebijaksanaan. Siapapun yang mengikuti nasihat dan petunjuk menghadapi hidup dari para tokoh punakawan, dipastikan akan mendapatkan satu jalan kebenaran yang akan membawa mereka kepada keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Namun ini hanyalah gambaran secara umum dari Punakawan sendiri. Masih banyak sumber yang harus dikaji untuk mengetahui Makna Punakawan secara menyeluruh. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Makna Punakawan"