Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Filsafat Romantik Eropa



Bertemu lagi dengan saya vroh.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menuliskan kembali apa yang telah saya pelajari setengah tahun lalu, yakni tentang perkembangan filsafat romantik Eropa. Sebelum membahas lebih lanjut, coba lihat skema yang saya sajikan berikut ini :


Romantisme merupakan sebuah faham yang pada akhirnya menimbulkan gerakan yang pada intinya ingin kembali pada kejayaan masa klasik. Hal ini juga dipengaruhi oleh dominasi Gereja Romawi yang terlalu mengekang para pemikir pada masa itu. Pengekangan tersebut tentunya memunculkan kejenuhan tersendiri bagi para pemikir.

Gerakan romantisme pun memiliki banyak bentuk. Adapun hal-hal yang banyak dipengaruhi oleh romantisme adalah karya seni dan sastra, agama, filsafat, teknologi, serta eksplorasi terhadap alam. Eksplorasi yang dimaksud adalah eksplorasi tentang keindahan alam, bukan dalam bentuk fisik. Di ranah filsafat, romantisme menganggap bahwa segala macam bentuk sains adalah mendegradasikan manusia. Menurut penganut filsafat romantik, sebenarnya bidang sains juga dipengaruhi oleh hal-hal yang bersifat tak ilmiah. Hal tak ilmiah tersebut dicontohkan seperti ilmu astronomi yang dibangun dari tahayul. Romantisme juga punya kecenderungan agar manusia kembali ke zaman klasik di mana mereka berdamai dengan alam, tanpa eksplorasi fisik, dan tak banayk ambisi.

Romantisme dan Empirisisme sama-sama menganggap manusia hidup dalam cengkraman. Empirisisme mencoba membebaskan manusia dari jeratan dengan mengajak mereka mengaktifkan akal budi, memberinya metode penalaran sehingga dapat menuntun mereka menemukan kebenaran. Sementara romantisme berusaha menyadarkan manusia akan fitrah hakikinya sehingga mereka dapat hidup dengan baik dan layak tanpa menuai banyak masalah.

Di masa romantisme, yang cukup terlihat adalah liberalisme teologi. Hal ini diawali dari kesadaran bahwa masing-masing individu itu unik dan konsekuensinya mengenai pentingnya pengalaman individu sebagai sumber khusus mengenai arti yang tak terbatas.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Filsafat Romantik Eropa"