Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Revolusi Industri

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah revolusi yang menjadi cikal bakal berbagai gerakan, yakni revolusi industri. Revolusi Industri terjadi pada abad ke 18 atau sekitar tahun 1760 Masehi. Adapun faktor yang melatar belakangi terjadinya revolusi ini ada dua yakni Gerakan Enclosure dan Patent Act.

Gerakan Enclosure

Gerakan Enclosure adalah sebuah proses dihentikannya kebiasaan tradisional dalam aktivitas sosial dan ekonomi. Pada kasus revolusi Industri, kebiasaan tradisional yang dihentikan adalah menyiangi rumput dan mengembalakan kambing. Pada masa itu, orang-orang memiliki kebiasaan menyiangi rumput karena banyak wilayah yang masih luas.
Pada Gerakan Enclosure, tuan tanah tak mau rugi. Tanah yang dimiliki sebagian besar dijadikan lahan ternak bulu domba (woll). Selain itu, tuan tanah juga mulai mengenalkan berbagai tanaman baru sehingga produksi pertanian semakin meningkat drastis. Keberhasilan tuan tanah dalam mengolah tanah di perkotaan menjadikan banyak petani desa yang berbondong-bondong pergi ke kota untuk mengadu nasib.

Patent Act

Patent Act merupakan pemberian hak paten resmi dari pemerintah pada para penemu yang menyebabkan para penemu melakukan berbagai eksperimen dan terus berinovasi. Banyaknya barang temuan baru yang diciptakan menjadikan produktivitas kerja semakin meningkat. Pada tahun 1776 Masehi, James Watt menemukan mesin uap yang pada akhirnya memicu penemu lain menciptakan hal yang serupa seperti kapal uap dan kereta uap.


Kedua faktor tersebut saling berhubungan. Banyaknya penemuan mesin baru di bidang industri yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan. Ekspansi dalam bidang perdagangan juga turut dikembangkan dengan dibangunnya terusan, perbaikan jalan raya, dan juga rel kereta api. Adanya peralihan dari perekonomian berbasis pertanian ke perekonomian berbasis manufaktur menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk besar-besaran dari desa ke kota.

Sumber : Google


Revolusi Industri yang terjadi di Inggris menyebabkan Inggris menjajah Amerika demi mendapatkan bahan baku untuk kepentingan produksi. Hal ini yang pada akhirnya akan memicu revolusi Amerika.

Cikal bakal munculnya liberalisme juga bisa didapatkan pada Revolusi Industri. Hal ini bisa dilihat dari perubahan sistem ekonomi merkantilisme menjadi ekonomi liberal. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemilik modal dan pabrik Industri. Dari sinilah kemudian muncul sistem ekonomi kapitalisme modern yang mengusung politik ekonomi kebebasan. Pada sistem kapitalisme tersebut, kepemilikian alat-alat produksi adalah perseorangan, bukan oleh negara. Hal ini tentunya menyebabkan terjadinya perebutan hasil antar individu.

Sumber : Google


Demikian sedikit tulisan mengenai Revolusi Industri yang bisa saya jabarkan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Revolusi Industri"